Total Tayangan Halaman

Senin, 04 Mei 2015

langkah pembelajaran dan RPP



TUGAS:
Buatlah skenario pembelajaran PAI dengan menerapkan salah satu dari model-model pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum 2013 (IL,DL,PBL, Project BL, Model kolaboratif: JP (jigsaw  Prosedure), STAD, CI (Complex Instruction), TAI (Team Accelerated Instruction), CLS (Cooperative Learning Structures), LT (learning Together), TGT (Teams-Games-Tournament), GI (Group Investigation), AC (Academic Constructive Controversy), dan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Dengan susunan skenario sebagai berikut:

1.      Model Pembelajaran PAI dengan pendekatan  di Sekolah SD adalah sebagai berikut:







Materi PAI:
  1. Al-Qur’an
 

 









Gambar: Rancangan Model Pembelajaran PAI dengan Pendekatan Kooperatif

2.      Langkah-langkah Pembelajaran

Contoh langkah-langkah Pembelajaran PAI dengan Pendekatan Kooperatif
Materi: Al-Qur’an
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1.    Guru mengucapkan salam dan membuka pelajaran dengan mengajak siswa berdoa terlebih dahulu.
2.    Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.    Guru Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi.
4.  Guru Memberikan informasi tentang tujuan mempelajari ketentuan-ketentuan bahan ajar Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas serta keistimewaannya (melalui Fitur Mutiara Islam dan sepenggal kisah).

Kegaiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.    Guru memberikan materi surat Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas secara klasikal, peserta didik secara berkelompok dan individu mengikuti bacaan guru secara hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), serta tanggung jawab (responsibility).
2.    Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam tak ambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
3.    Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4.    Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5.      Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran secara Peduli (caring) dan Jujur (fairnes).
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
6.      Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna secara Tanggung jawab (responsibility), guru memfasilitasi pesrta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
7.        Guru memberi kesempatan untuk berpikir peserta didik, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan peserta didik mampu bertindak tanpa rasa takut;
8.        Guru memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
9.        Guru memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar secara Tanggung jawab (responsibility) dan Jujur (fairnes).
10.    Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
11.    Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
12.    Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival serta produk yang dihasilkan;
13.    Guru mampu mengarahkan siswa mengulang-ulang lafal Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas secara kelompok dan individu
Konfirmasi
 .j,vDalam kegiatan konfirmasi, guru:
14.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
15.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
1.     Guru berersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat     rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.     Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah  dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.     Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.     Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5.     Guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama-sama.

3.      Contoh RPP PAI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah               :   SD Muhammadiyah Wirobrajan III Yogyakarta
Mata Pelajaran              :    Al-Qur’an
Kelas / Semester            :    I / 1
Standar Kompetensi          :    Membaca dan menghafal Al-Qur’an surat pendek     pilihan
Kompetensi Dasar        :    Melafalkan QS. Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-   Ikhlas dengan lancar
Alokasi Waktu              :    3  x 35 menit ( 1  x pertemuan )

A.    Tujuan Pembelajaran                 :
Siswa dapat melafalkan surat Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas dengan lancar dan benar

B.       Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes )

C.    Materi Pembelajaran :  Materi tentang melafalkan Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas dengan lancar dan benar
Ringkasan garis besar (point-point) materi.
Mata pelajaran Al-Quran tentang surat-surat pendek meliputi surat Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas. Al-Fatihah artinya adalah pembuka, untuk itu setiap hendak membaca Al-Quran sebaiknya kita membaca Al-Fatihah terlebih dahulu. Guru melafalkan bacaan suratAl-Fatihah dan peserta didik menirukan hingga dapat melafalkannya sendiri maupun kelompok.
An-Nas artinya manusia, menceritakan tentang manusia yang butuh perlindungan yaitu kepada Allah semata, guru memberikan gambaran berupa kisah atau cerita yang berkaitan dengan materi surat An-Nas. Guru melafalkan bacaan surat An-Nas dan peserta didik menirukan hingga dapat melafalkannya sendiri maupun kelompok.
Al-Falaq artinya waktu subuh, guru membimbing peserta didik dengan cara membacakan kisah maupun cerita akan manusia yang butuh perlindungan Allah dari kejahatan apapun. Guru melafalkan bacaan surat Al-Falaq dan peserta didik menirukan hingga dapat melafalkannya sendiri maupun kelompok.
Al-Ikhlas artinya memurnikan keesaan Allah, bahwa Allah adalah sesembahan yang esa yaitu satu tidak beranak dan tidak diperanakkan, guru menceritakan kisah keesaan Allah. Guru melafalkan bacaan surat Al-Ikhlas dan peserta didik menirukan hingga dapat melafalkannya sendiri maupun kelompok.

D.    Metode Pembelajaran : Siswa melafalkan Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-ikhlas secara klasikal, kelompok dan individu

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.      Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi   : Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi
Motivasi  :Memberikan informasi tentang tujuan mempelajari ketentuan-ketentuan bahan ajar Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas serta keistimewaannya (melalui Fitur Mutiara Islam dan sepenggal kisah)
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Siswa menghafalkan Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru secara hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), serta tanggung jawab (responsibility).
2. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam tak ambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
3.    Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4.    Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5.    Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran secara Peduli (caring) dan Jujur (fairnes).
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.    Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna secara Tanggung jawab (responsibility), memfasilitasi pesrta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
2.      Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
3.      Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
4.      Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar secara Tanggung jawab (responsibility) dan Jujur (fairnes).
5.      Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
6.      Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
7.      Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival serta produk yang dihasilkan;
8.      Siswa mengulang-ulang lafal Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas secara kelompok dan individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.       Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
  1. Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat     rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.         Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

F.     Alat / Sumber Belajar:
  1. Tulisan lafal surah Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas pada karton
  2. Al-Quran (Juz Amma)
  3. Buku Pendidikan Agama Islam
  4. Buku-buku lain yang relevan
  5. Kaset dan D Al-Quran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
  6. Pengalaman guru
  7. Lingkungan sekitar

G.    Penilaian:

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Ø  Melafalkan Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas dengan lancar dan benar
Tes Lisan
Pelafalan
1. Lafalkan Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas dengan lancar dan benar!
2. Apa arti Al-Fatihah?
3. Sebutkan surat Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas ayat demi ayat!
4. Surat Al-Falaq terdiri dari berapa ayat?
5. Bunyi ayat yang terakhir dari surat An-Nas adalah ...

  1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

  1. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
 ..











 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar