Total Tayangan Halaman

Kamis, 07 Mei 2015

makalah tentang sma muhammadiyah 3 yogyakarta



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kebanyakan dari kita memandang sekolah Muhammadiyah adalah sekolah nomor dua. Hal ini dimaksudkan bahwa paradigma yang telah dibentuk dalam sekolah Muhammadiyah adalah bukan sekolah unggulan dan tidak dapat bersaing dengan sekolah negri.
Paradigma maupun labeling terhadap sekolah Muhammadiyah tidak sepenuhnya benar. Hal ini dapat dilihat bahwa dalam penerimaan siswa baru, sebagai contoh ada beberapa orang yang memilih sekolah Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagai pilihan pertama.
Sebagai tambahan, banyak orang memilih menyekolahkan putra-putrinya di SMK daripada di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta bila tidak diterima di sekolah negri. Hal ini tentu saja menjadi tantangan untuk SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta itu sendiri. Upaya dalam mematahkan paradigma dalam masyarakat tersebut tentu SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta memiliki visi, misi, tujuan dan rencana strategis.
SMA yang terletak di Jl. Kapten P. Tendean No. 58 ini lebih dikenal dengan sebutan Moega. Setelah lebih dari 50 tahun melayani dunia pendidikan dengan nafas Islami, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengelola 21 kelas (setiap jenjang terdiri dari 7 kelas) dengan memacu sisi intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
"Subulus Salam" atau "Jalan Menuju Keselamatan" menjadi slogan yang dijabarkan secara menyeluruh dalam visi dan misi SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Diantaranya SMA yang berdiri sejak tanggal 5 Agustus 1953 ini memiliki visi "Berimtaq, Terdidik, dan Unggul dalam Mutu".

B.     Rumusan Masalah
1.       Apa visi dari SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta?
2.      Apa sajakah indikator visi dari SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta?
3.      Apa misi dari SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta?
4.      Apa sajakah indikator misi dari SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta?
5.      Apa tujuan dari SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta?
6.      Bagaimana tantangan yang dihadapi SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta?
7.      Bagaimana rencana strategis dari SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta untuk mencapai visi dan misinya?

C.    Tujuan Makalah
1.      Mengetahui visi dari SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
2.      Mengetahui indikator visi dari SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
3.      Mengetahui misi dari SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
4.      Mengetahui indikator misi dariSMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
5.      Mengetahui tujuan dari SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
6.      Mengetahui tantangan nyata yang dihadapi SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
7.      Mengetahui pembahasan rencana strategis dari SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta untuk mencapai visi dan misinya.













BAB II
PEMBAHASAN

A.  VISI, INDIKATOR VISI, MISI, INDIKATOR MISI, DAN TUJUAN SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
VISI : Membentuk peserta didik yang berimtaq, cerdas, kompetitif, dan berjiwa Muhammadiyah.
Indikator Visi:
1.      Membentuk peserta didik yang berimtaq:
-unggul dalam disiplin.
-unggul dalam aktivitas keagamaan.
-unggul dalam kepedualian sosial.
2.   Membentuk peserta didik yang cerdas:
-terampil dalam bidang akademik maupun non akademik.
-cakap dalam wawasan dan mampu mengaplikasikannya.
3.  Membentuk peserta didik yang kompetitif:
-mampu bersaing dengan sekolah negri maupun swasta lainnya.
4.  Membentuk peserta didik yang berjiwa Muhammadiyah:
-mampu menjalankan peran sebagai anggota Muhammadiyah dengan baik.
MISI :
1.    Menyusun dan melaksanakan KTSP SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
2.    Melaksanakan KBM dengan terpenuhinya standar isi.
3.    Memenuhi kwalifikasi kemampuan lulusan sesuai SKL.
4.    Melaksanakan pembelajaran sesuai standar proses.
5.    Meningkatkan kopetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
6.    Meningkatkan sarana prasarana pendidikan.
7.    Melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan.
8.    Mewujudkan sumber-sumber pembiyaan swasta dan bantuan pemerintah yang dikelola secara transparan dan akuntabel.
9.    Melaksanakan penilaian hasil belajar sesuai standar penilain.
10.     Mewujudkan budaya Islam dan sekolah berkarakter Muhammadiyah.
11.     Mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan.
12.     Mewujudkan peserta didik yang berkarakter kebangsaan.
 INDIKATOR MISI:
1.    Menyusun dan melaksanakan KTSP SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
-mampu menghasilkan dokumen -1 KTSP dengan lengkap.
2.    Melaksanakan KBM dengan terpenuhinya standar isi.
-mampu mewujudkan KBM yang sesuai standar.
3.    Memenuhi kwalifikasi kemampuan lulusan sesuai SKL.
-siswa mampu lulus 100%
4.    Melaksanakan pembelajaran sesuai standar proses.
-mewujudkan sekolah inovatif dalam pembelajaran.
5.    Meningkatkan kopetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
-meningkatkan tanggung jawab dan profesionalisme guru.
6.    Meningkatkan sarana prasarana pendidikan.
-mewujudkan sekolah berbasis IPTEK.
7.    Melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan.
-mewujudkan pembelajaran yang transparan.
8.    Mewujudkan sumber-sumber pembiyaan swasta dan bantuan pemerintah yang dikelola secara transparan dan akuntabel.
-mewujudkan minimalisir SPP sekolah.
9.    Melaksanakan penilaian hasil belajar sesuai standar penilaian.
-meningkatkan kegiatan jam belajar bagi siswa.
10.     Mewujudkan budaya Islam dan sekolah berkarakter Muhammadiyah.
-meningkatkan rasa kemuhammadiyahan bagi warga sekolah.
11.     Mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan.
-meningkatkan kepedulian sosial bagi warga sekolah.
12.     Mewujudkan peserta didik yang berkarakter kebangsaan.
-meningkatkan semangat patriotisme dan pendidikan karakter peserta didik.
TUJUAN :
1.    Meningkatnya KKM pada semua mata pelajaran.
2.    Meningkatnya ketercapaian KKM untuk semua mata pelajaran.
3.    Meningkatnya Nilai Ujian Nasional.
4.    Meningkatnya prestasi futsal dan sepak bola menjadi juara 1 tingkat provinsi.
5.    Meningkatnya prestasi karya ilmiyah remaja menjadi juara 1 tingkat nasional.
6.    Meningkatnya prestasi HW dan pengembangan diri MIPA menjadi juara 1 tingkat provinsi.
7.    Meningkatnya prestasi ISMBA menjadi juara 1 tingkat provinsi.
8.    Meningkatnya penguasaan komputer dan internet pada setiap siswa.
9.     Meningkatnya sarana dan prasarana sekolah yang representatif.
10.     Meningkatnya pengamalan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari di   Sekolah.

SARANA DAN PRASARANA
1.    Laboratorium komputer.
2.    Laboratorium fisika, kimia dan biologi.
3.    Laboratorium IPS.
4.    Laboratorium Agama Islam.
5.    Perpustakaan
6.    Ruang pelayanan kesehatan ( UKS ).
7.    Ruang kegiatan Ikatan Pelajar Muhammadiyah atau OSIS.
8.    Ruang konseling dan bimbingan kelanjutan studi.
9.    Ruang pelayanan Administrasi.
10.                        Masjid .
11.                        Kantin sekolah.
12.                        Lapangan .
13.                        Tempat olahraga.
14.                        Wifi
15.                        Tempat parkir



B.       TANTANGAN NYATA
1.      Kekurangan siswa / siswi.
2.      Banyaknya kompotitor di sekeliling sekolahan.
3.      Sebagian siswa masih ada yang berkelahi ( tawuran ).
4.      Standar lulusan belom tercapai dengan baik, karena masih dibawah rata-rata 75.
5.      Standar Input SMA Muhammadiyah 3 masih dibawah standar.
6.      Pembiayaan dari siswa sendiri, dana BOS, BOSDA, BOSPROVINSI dan WILAYAH serta dana dari orangtua.
7.      Masih banyak guru honorer dan yang PNS masih sedikit.
8.      Turunnya jumlah siswa dari tahun sebelumnya dengan tahun ini.
9.      Kurangnya lahan parkir.
10.  Tempat sekolahan tidak strategis dan tidak nyaman.
11.  Belum bisa menjadikan semua guru honorer menjadi guru tetap yayasan.
12.  Belum ada lab audiovisual.

C.      PROGRAM-PROGAM STRATEGIS UNTUK MENCAPAI VISI, MISI
1.      Mengadakan wawancara tes masuk SMA Muhammadiyah 7 yogyakarta dan tes tentang akhlak.
2.      Mengadakan dan melaksanakan PROKER ( Program Kerja Tahunan ).
3.      Kediisiplinan waktu.
4.      Pendalaman materi setiap pagi 3 hari perminggu masuk jam 6.15 WIB.
5.      Setiap hari jam 07.00-07.10 WIB membaca Al Qur’an atau menghafal surat-surat pendek.
6.      Seiap hari senin ada pendampingan Ibadah seperti shalat Dhuha, dan lain-lain.
7.      Setiap jumat guru wajib membaca Al Qur’an.
8.      Pembentukan karakter lewat HW, tapak suci, seni, dan lain-lain.
9.      Shalat dhuhur dan Jum’at berjama’ah.
10.  Tidak ada jam kosong selama proses belajar mengajar.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Bahwa sebagian masyarakat hanya memandang sebelah mata sekolah swasta khususnya sekolah Muhammadiyah. Hal tersebut juga berlaku pada SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang juga merupakan sekolah swasta yaitu Muhammadiyah.
            Banyak yang beranggapan lebih memilih menyekolahkan putra-putrinya ke sekolah kejuruan seperti SMK daripada disekolah swasta seperti Muhammadiyah apabila putra-purinya tidak dapat diterima di sekolah negri. Akan tetapi masih ada penilaian positif dari sekolah swasta Muhammadiyah seperti SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
            Hal diatas dapat terlaksana karena dilihat dari visi, misi, tujuan, dan rencana strategis yang dilakukan SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam mempertahankan eksistensinya. Meskipun terdapat banyak kendala seperti kurangnya murid, sarana dan prasarana yang kurang, akan tetapi rencana strategis SMA Muhammadiyah telah menjawab tantangan tersebut dan masih dapat mempertahankan eksistensinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar